Kenapa Penyakit "Flu Babi" Sangat Mematikan?

Salah satu jenis influenza yag disebabkan virus H1N1 adalah Flu Babi. Namanya memang muncul karena galur virus penyebabnya mirip dengan virus influenza pada babi. Tahun 2009 menjadi awal penularan penyakit ini secara global, namun berakhir pada tahun 2010. Pencegahan yang dilakukan Departemen Kesehatan Indonesia adalah melalui vaksinasi influenza tahunan.
foto: repsindonesia.com

Biasanya flu babi menginfeksi orang yang sering bersentuhan dengan babi, ditemukan juga kasus penularan dari manusia ke manusia. Gejalanya bisa terlihat dari demam, muntah-muntah, kekakuan persendian seluruh tubuh dan kehilangan kesadaran. Selain itu terjadi pula sakit kepala yang cukup berat, hidung tersumbat atau beringus serta mata yang merah dan berair.
Baca: Gunung Kelud: Gunung Paling Berbahaya di Indonesia
Penularannya mirip dengan virus influenza lainnya yakni dari pengidap yang bersin atau batuk. Kemudian tetesan ingus atau air liur dari pengidap menempel langsung ke orang lain melalui permukaan mata, hidung atau mulut. Maka terkenalah oleh virus flu babi. 

Catatan, virus ini tidak bisa menyebar melalui konsumsi daging babi. Penanganan yang diberikan tentunya berbeda-beda tergantung gejala yang dialami dan tingkat keparahannya. Cukup beristirahat, minum banyak cairan dan pastikan tubuh tetap hangat.
Kunjungi: www.lenaliuart.com

Share this:

Posting Komentar

 
Designed By OddThemes | Sponsored By Travelaxx.com